Pastikan Kelancaran Angkutan Udara Nataru* Ditjen Hubud Lakukan Inspeksi Angkutan Udara di Bandara Kualanamu

Beranda Berita Pastikan Kelancaran Angkutan Udara Nataru* Ditjen Hubud Lakukan Inspeksi Angkutan Udara di Bandara Kualanamu

Pastikan Kelancaran Angkutan Udara Nataru* Ditjen Hubud Lakukan Inspeksi Angkutan Udara di Bandara Kualanamu

Humas DJPU

Sabtu, 21 Desember 2024

Gambar Artikel Pastikan Kelancaran Angkutan Udara Nataru* Ditjen Hubud Lakukan Inspeksi Angkutan Udara di Bandara Kualanamu

Kualanamu (21/12/2024) - Setelah posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 resmi dibuka pada 18 Desember lalu, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) melakukan giat inspeksi di beberapa bandar udara pantauan salah satunya Bandar Udara Internasional Kualanamu, Medan.

Inspeksi dilakukan oleh Inspektur Angkutan Udara dengan memperhatikan empat aspek yakni persetujuan terbang (flight approval), standar pelayanan minimal penumpang, tarif penumpang angkutan udara, dan penanganan keterlambatan penumpang (delay management).

“Keempat aspek tersebut akan diperiksa implementasinya kepada Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU) di lapangan khususnya pada saat penyelenggaraan Nataru,” kata Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II, Bambang Hartato.

Pengawasan dilakukan pada empat BUAU yakni PT Citilink Indonesia, PT Super Air Jet, PT Lion Mentari Airlines, dan PT Wings Abadi. Pemilihan empat BUAU tersebut berdasarkan data pergerakan selama Nataru yang paling banyak di Bandara Kualanamu.

“Salah satu BUAU yang menjadi sampling hari ini (21/12) yakni PT Super Air Jet, secara umum menunjukan proses standar pelayanan minimal penumpang pada saat pre-flight, in-flight dan post flight telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan SOP pelayanan BUAU Berjadwal PT Super Air Jet,” kata Bambang.

Penerapan tarif dasar (basic fare) dan biaya tambahan (fuel surcharge) PT Super Air Jet pada enam rute penerbangan yang dilayaninya telah sesuai ketentuan Tarif Batas Atas (TBA) untuk kelompok pelayanan dengan standar minimum (no frill).

“Diharapkan dengan dilaksanakannya inspeksi ini, masyarakat dapat menikmati liburan Nataru yang seru dengan selamat, aman, dan nyaman,” kata Bambang. (CN/NF/MK)

Kategori

Sistem Manajemen Pengaduan Kementerian Perhubungan (SIMADU)
Sistem Pelaporan Sukarela (Voluntary Reporting System) Kementerian Perhubungan (VRS)

Merupakan Sistem Database Keselamatan Penerbangan Nasional untuk mendukung Program Keselamatan Penerbangan Nasional / State Safety Programme (SSP) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Gambar Uphold
  • Rabu, 18 Desember 2024 - Minggu, 05 Januari 2025 | Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru 2024/2025

Copyright © 2024 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. All Rights Reserved.