Posko Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru 2024/2025 Resmi Dibuka di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Beranda Berita Posko Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru 2024/2025 Resmi Dibuka di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Posko Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru 2024/2025 Resmi Dibuka di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Humas DJPU

Rabu, 18 Desember 2024

Gambar Artikel Posko Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru 2024/2025 Resmi Dibuka di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Tangerang (18/12/2024) – Bandara Internasional Soekarno - Hatta hari ini, Rabu (18/12) secara resmi membuka Posko Angkutan Udara Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Apel gabungan yang dilaksanakan di Terminal 1B, dihadiri oleh berbagai instansi terkait, menandai dimulainya operasi posko yang akan berlangsung hingga 5 Januari 2025 nanti. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno Hatta, Putu Eka Cahyadhi

“Posko Nataru ini berperan penting dalam memastikan kelancaran dan keamanan penerbangan selama periode angkutan udara Nataru, untuk itu perlu koordinasi dan sinergi antar semua pihak,” ujar Putu.

Putu Eka Cahyadhi menyatakan bahwa pihaknya beserta stakeholder terkait telah melakukan berbagai kesiapan maksimal dalam menghadapi lonjakan penumpang.

“Mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang yang diperkirakan mencapai 2,9 juta orang selama periode Nataru, berbagai persiapan telah dilakukan. Posko ini akan berfungsi sebagai pusat koordinasi dan komando untuk memantau situasi terkini, serta merespon dengan cepat segala bentuk permasalahan yang mungkin timbul,” ucapnya.

Beberapa upaya yang dilakukan menurut Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno Hatta, Putu Eka Cahyadhi, yaitu antara lain:
1. Peningkatan Keamanan: Pengerahan personel gabungan sebanyak 266 Personil terdiri dari TNI, Polri, Avsec, dan instansi terkait lainnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di area bandara;
2. Peningkatan Pelayanan: Optimalisasi fasilitas dan layanan penumpang, termasuk peningkatan kapasitas check-in counter, baggage handling system, dan fasilitas umum lainnya;
3. Koordinasi Antar Instansi: Penguatan koordinasi antara otoritas bandara, maskapai penerbangan, ground handling, dan stakeholder lainnya untuk memastikan kelancaran operasional penerbangan;
4. Peningkatan Kesiapsiagaan: Persiapan menghadapi potensi bencana alam dan gangguan keamanan lainnya.


Hadir dalam apel gabungan tersebut perwakilan dari berbagai instansi, antara lain Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura Indonesia, Airnav Indonesia, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Polresta Bandara Soekarno Hatta, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kantor Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Basarnas, dan berbagai instansi terkait lainnya.

”Semoga koordinasi, sinergi dan dukungan yang kuat antar seluruh pihak menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang selama periode Nataru ini,” ujar Putu disela – sela pengecekan kesiapan Posko Nataru di Bandara Internasional Soekarno – Hatta. (RD/NF/MK)

Kategori

Sistem Manajemen Pengaduan Kementerian Perhubungan (SIMADU)
Sistem Pelaporan Sukarela (Voluntary Reporting System) Kementerian Perhubungan (VRS)

Merupakan Sistem Database Keselamatan Penerbangan Nasional untuk mendukung Program Keselamatan Penerbangan Nasional / State Safety Programme (SSP) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Gambar Uphold
  • Rabu, 18 Desember 2024 - Minggu, 05 Januari 2025 | Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru 2024/2025

Copyright © 2024 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. All Rights Reserved.