Ditjen Hubud Inspeksi Kesiapan Bandara Juanda Surabaya Menjelang Nataru 2024/2025

Beranda Berita Ditjen Hubud Inspeksi Kesiapan Bandara Juanda Surabaya Menjelang Nataru 2024/2025

Ditjen Hubud Inspeksi Kesiapan Bandara Juanda Surabaya Menjelang Nataru 2024/2025

Humas DJPU

Kamis, 12 Desember 2024

Gambar Artikel Ditjen Hubud Inspeksi Kesiapan Bandara Juanda Surabaya Menjelang Nataru 2024/2025

Sidoarjo (12/12/2024) – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Bandar Udara dan Direktorat Navigasi Penerbangan saat ini tengah melaksanakan inspeksi di Bandar Udara Internasional Juanda di Surabaya.

Inspeksi ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh fasilitas, prosedur, dan personel bandar udara dalam menghadapi arus mudik Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

Fokus utama dari inspeksi ini adalah melakukan evaluasi kesiapan bandar udara dalam memenuhi aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan serta kepatuhan terhadap seluruh ketentuan yang berlaku.

"Inspeksi yang dilaksanakan oleh para Inspektur dari Direktorat Bandar Udara dan Direktorat Navigasi Penerbangan ini rutin dilakukan terutama jelang masa angkutan udara Nataru 2024/2025," ujar Rizal selaku Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III, Surabaya.

Beberapa elemen penting yang menjadi perhatian dalam inspeksi ini antara lain:

1. Manajemen Operasi Apron : Evaluasi terhadap efisiensi dan efektivitas pengelolaan apron, termasuk pergerakan pesawat, kendaraan darat, peralatan penunjang dan personel di area apron.

2. Manajemen Keselamatan Apron : Pemeriksaan terhadap penerapan prosedur keselamatan kerja di apron, serta identifikasi potensi bahaya dan langkah-langkah mitigasi.

3. Pemeriksaan Daerah Pergerakan dan OLS : Evaluasi terhadap kondisi fisik landas pacu, taxiway, dan Obstacle Limitation Surface (OLS), serta sistem pencahayaan dan peralatan navigasi.

4. Visual Aids & Sistem Kelistrikan: Pemeriksaan terhadap kelengkapan dan fungsi visual aids serta sistem kelistrikan yang mendukung operasional penerbangan.

5. Terminal Penumpang: Evaluasi terhadap kapasitas terminal, kualitas pelayanan, suhu ruangan, kelengkapan fasilitas, dan peralatan pendukung seperti escalator, lift, dan sistem informasi penerbangan.

Rizal menuturkan dengan dilakukannya inspeksi secara intensif, diharapkan seluruh bandara di Indonesia khususnya di Bandar Internasional Juanda Surabaya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama periode Nataru 2024/2025.

"Ditjen Hubud berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan penerbangan dan memastikan keselamatan serta keamanan penerbangan menjadi prioritas utama," ujar Rizal. (RD/NF/MK)

Kategori

Sistem Manajemen Pengaduan Kementerian Perhubungan (SIMADU)
Sistem Pelaporan Sukarela (Voluntary Reporting System) Kementerian Perhubungan (VRS)

Merupakan Sistem Database Keselamatan Penerbangan Nasional untuk mendukung Program Keselamatan Penerbangan Nasional / State Safety Programme (SSP) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Gambar Uphold
  • Rabu, 18 Desember 2024 - Minggu, 05 Januari 2025 | Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru 2024/2025

Copyright © 2024 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. All Rights Reserved.